Bersayap tapi Bukan: Superhero Mirip Superman

Categories SuperheroPosted on

Sejak terbit pertama kali dalam serial Action Comics pada tahun 1938 hingga saat ini, ikon sayap belakang, tolong dibedakan dengan sayap samping, bukan lagi menjadi monopoli Superman. Tidak tahu apa yang istimewa dengan pakaian tersebut mengingat bertempur sembari menggunakan sayap pasti akan amat sangat super ribet. Namun pada kenyataannya ciri khas tersebut tetap menjadi pembeda utama antara mereka para “dewa” dengan kita manusia biasa. Lalu siapa saja Gods Among Us yang mendapat perlakuan serupa dengan Man of Steel tersebut? Ini dia beberapa diantaranya.

01-Shazam-18062013

Shazam, atau dulu dikenal sebagai Captain Marvel sebelum diakuisisi DC dari Fawcett Comics, boleh mirip dengan Superman namun nasib mereka berbeda. Sementara Supes sudah melanglang buana di berbagai media termasuk film, Shazam hanya mentok di layar yang lebih kecil, selain komik tentunya. Walaupun begitu sayap Shazam bisa dibilang lebih mentereng dari sayap kepunyaan Superman. Mata siapa yang akan berpaling saat melihat sesuatu terbang di udara dengan sayap bling-bling paduan warna emas dan perak menyilaukan mata. Bentuk sayap Shazam juga sedikit unik tidak seperti superhero kebanyakan. Lebih mirip mantel dengan ornamen milik dewa-dewi mitologi Yunani. Dengan bentuk tersebut menjadikan sayap ini sangat dinamis dan stylish dalam posisi apapun: saat terbang, diam, atau ditiup angin. Sayangnya, sejak versi terbaru, sayap tersebut dirubah oleh DC. Sebuah modifikasi yang lebih mengingatkan akan Moon Knight dalam versi yang lebih meriah.

Trivia: Shazam merupakan gabungan inisial dari beberapa dewa/pahlawan dalam mitologi Yunani: Solomon, Hercules, Atlas, Zeus, Achilles, Mercury.

02-Hyperion-18062013

Tersebutlah seorang pria yang menjadi anggota terakhir dari ras yang telah punah. Semasa kecil dia diadopsi dan dibesarkan oleh keluarga manusia. Saat dewasa dia memutuskan untuk menuju perkotaan dengan bekerja sebagai reporter di sebuah media. Sadar bahwa dirinya bukan manusa biasa: punya stamina melebihi manusia, bisa terbang dengan kecepatan tinggi, dan mata laser, pria tersebut memutuskan untuk menjadi pahlawan pembela manusia. Kisah Superman? Bukan, yang barusan adalah penggalan riwayat hidup Hyperion AKA Mark Milton. Superhero yang satu ini memang menjadi semacam parodi dari Superman di dunia Marvel Universe. Segala atribut yang ada pada dirinya merupakan proyeksi langsung dari Superman dengan kostum kurang lebih mirip Shazam. Sayap yang dimiliki Hyperion juga sedikit funky, persilangan antara sayap Superman dengan Shazam.

Trivia: Pada awal kemunculannya, Hyperion merupakan anggota gabungan supervillain bernama Squadron Sinister. Versi tersebut kemudian “direvisi” sebagai klon oleh Marvel dan kemudian lahirlah Hyperion versi Mark Milton yang lebih populer.

03-The-Sentry-18062013

Bersayap, terbang kesana-kemari, dan punya logo “S” di seragamnya. Deskripsi yang barusan juga bukan tentang Superman. Adalah The Sentry AKA Robert Reynolds yang sedang dibicarakan. Superhero yang satu ini boleh dibilang dewa diantara para superhero. The Sentry seperti tidak memiliki batas kekuatan, segala kekuatan yang dimiliki superhero lain menjadi bagian dari dirinya. Kekuatan super, kecepatan tinggi, kemampuan terbang, indera super peka, telepati, teleportasi, dan manipulasi energi hanyalah sebagian kecil dari kekuatan yang dimiliki The Sentry. Superhero ini cuma memiliki satu kekurangan, mentalnya tidak stabil. The Sentry memunyai kepribadian ganda bernama The Void, yang tak lain adalah musuh utamanya sendiri. Menarik sekali sepertinya jika premise The Sentry tersebut diangkat ke layar lebar.

Trivia: Robert Reynolds dari dulu sebenarnya memang pribadi bermasalah. Dia adalah seorang pecandu obat-obatan dan memeroleh kekuatan sebagai The Sentry setelah meminum serum Super Soldier versi terbaru, serum yang sama yang memberi kekuatan pada Captain America. Dia meminum serum tersebut dengan tujuan awal untuk getting high.

04-Mr-Majestic-18062013

Latar belakang superhero yang satu ini juga hampir mirip dengan Superman. Lord Majestros, nama aslinya, terdampar di bumi ribuan tahun lampau bersama para Kherubim, ras alien yang dipimpinnya. Peristiwa tersebut terjadi setelah mereka berusaha melarikan diri dari kejaran para Daemonites, semacam ras alien penjajah. Setelah berada di bumi, Majestros memutuskan untuk mengabdikan dirinya melawan segala bentuk kejahatan, tipikal superhero sekali. Dari segi kostum, sebagai pembeda dengan Superman, Mr. Majestic memilih menggunakan semacam penutup kepala dengan pendekatan gaya dan warna yang lebih futuristis. Dari segi kekuatan, tidak ada yang terlalu membedakan Mr. Majestic dengan Superman. Kekuatan super, kecepatan tinggi, terbang, sinar laser dari mata merupakan bagian dari kelebihannya. Satu hal yang tidak disukai dari dirinya adalah ego yang berlebihan. Mr. Majestic sadar bahwa dirinya adalah keturunan bangsawan berkekuatan super dan dia tidak segan menunjukkan statusnya yang lebih tinggi tersebut kepada kawan ataupun musuh.

Trivia: Mr. Majestic pernah terjebak di DC Universe dan menjadi pahlawan sementara Metropolis saat Superman menghilang. Peristiwa itu terjadi setelah dirinya ditarik oleh mata-mata Daemonite ke sebuah portal antar dimensi.

05-Omega-the-Unknown-18062013

Superhero yang satu ini seperti Superman yang dibesarkan di zaman flower generation, dimana hippie merajalela. Rambut bergelombang dengan ikat kepala ditambah kostum berbelahan dada rendah menjadi sedikit pembeda Omega dengan Superman. Selebihnya, karakter ini secara visual mirip dengan Superman. Masa lalu Omega juga unik. Dia merupakan makhluk hasil rekayasa bio-engineering ras alien yang dikenal dengan nama Protar. Ras alien ini menciptakan manusia rekayasa tersebut sebagai bagian antisipasi punahnya ras mereka. Proyek tersebut telah mengalami beberapa penyempurnaan dengan Omega merupakan inisial untuk manusia rekayasa mereka yang terbaru. Omega ditempatkan pada sebuah planet bernama Srenesk untuk mempelajari budaya planet tersebut. Malangnya, akibat tidak bisa mengontrol kekuatannya sendiri, Omega malah menghancurkan planet Srenesk dan kemudian terdampar di bumi. Cerita sebenarnya jauh lebih kompleks dari rangkuman sebelumnya. Jika kamu tertarik dengan karakter ini, bisa baca lebih detail tentang latar belakangnya lewat Comic Vine.

Trivia: Komik Omega the Unknown hanya terbit dalam 10 seri lalu kemudian dihentikan karena tidak laris di pasaran. Namun, karakter ini menjadi karya cult classic dikarenakan karakter dan gaya penceritaannya yang tidak biasa.

Beres sudah, itu dia superhero mirip Superman yang ada dalam daftar pilihan Filminx. Sebenarnya masih ada beberapa nama lain seperti Gladiator, Supreme, dan Blue Marvel. Namun sepertinya agak terlalu panjang kalau dibahas.

Bagaimana? Punya daftar pilihan versimu sendiri?

Author: dhani.prima

tukang nonton casual, desainer grafis, dan ilustrator. Star Wars saga, Lord of the Ring trilogy, Forrest Gump, Band of Brothers, Game of Thrones. Ho oh layar lebar, layar kaca sama asiknya kok :p.