Animasi Pendek Pret

Format VideoCategories ShortPosted on
Featured Video Play Icon

Indonesia mengalami latah politik beberapa bulan belakangan. Semua orang bicara politik. Blogger bicara politik, penulis bicara politik, desainer bicara politik, pembuat film bicara politik, pengangguran bicara politik, tukang parkir bicara politik, ibu-ibu tetangga mengganti bahan rumpian, lagi-lagi tentang politik. Sebuah situasi yang tidak salah hanya saja membuat jengah beberapa orang. Tidak sedikit kemudian dari mereka yang alergi politik tersebut memutuskan untuk menghindar dari media dan sosial media.

Animasi pendek Pret juga bicara politik. Kritik politik yang disampaikan tidak susah dicerna karena memang masalah Indonesia masih begitu-begitu saja dari dulu. Bedanya, Pret mengemas kritik tersebut dalam bundel sederhana, imajinatif, lagi jenaka. Penggunaan bahasa gambar sederhana, yaitu garis, ditambah balutan warna minimalis pada animasi pendek Pret sedikit mengingatkan akan kartun kritik sosial di surat kabar. Kesesuaian pesan dan penyampaian ini semakin memperkuat Pret sebagai sebuah satire politik.

Permainan gambar dalam animasi pendek Pret mampu menimbulkan imaji dramatik pada penonton. Penyampaian kritik melalui komedi juga membuat Pret dapat diterima oleh siapapun, termasuk mereka yang alergi politik.

Sutradara: Firman Widyasmara
Animator: Arunaya Gondhowiardjo, Awang Hutama, Wahyu Kriswanto
Music & Audio: Zaenal Abidin
Durasi: 3 min
Tahun: 2014
Produksi: Lanting Animation

Author: dhani.prima

tukang nonton casual, desainer grafis, dan ilustrator. Star Wars saga, Lord of the Ring trilogy, Forrest Gump, Band of Brothers, Game of Thrones. Ho oh layar lebar, layar kaca sama asiknya kok :p.